Darkside of Oktavianus

Making virus and all of them as our friends

Onboard VGA

Posted by oktavianus pada April 1, 2008

 325200860243pm915.gif

Benarkah Onboard Vga Pada Motherboard Mampu Menyamai Kinerja Vga Card Add-On?

Percayakah Anda pada pernyataan di atas. Kami tidak akan mengatakan bahwa itu salah. Memang ada beberapa chipset VGA terintegrasi pada mother-board yang memiliki kemampuan setara dengan VGA add-on, namun itu segelintir saja.Memang pernah ada seri khusus pada motherboard yang menggunakan chipset VGA terintegrasi dan menggunakan RAM dedicated, yang artinya VGA tersebut tidak memerlukan sharing dari physical memory yang ada pada sistem PC secara keseluruhan.

Berbeda halnya dengan yang terjadi pada produk-produk laptop. Mau tidak mau para produsen laptop harus menggunakan VGA terintegrasi untuk laptop tersebut. Dan khusus untuk laptop yang diperuntukkan bagi gamer ataupun pekerja grafis tentu memiliki kinerja graphic yang lebih dibanding laptop jenis lain.

Kita ambil saja contoh sebuah laptop dengan harga yang hampir mencapai angka Rp20 juta. Ia menggunakan VGA terintegrasi dari seri nVIDIA GeForce 8600GT dengan dedicated RAM sebesar 256 MB. Dari hasil benchmark yang didapat oleh tim lab. PC Media memang cukup mengejutkan. VGA terintegrasi dengan dedicated RAM ini mampu mengungguli performa dari VGA add-on kelas mainstream dengan chipset yang sama atau lebih rendah satu tingkat 8500GT misal. Bukti ini menunjukkan bahwa VGA terintegrasi mampu melampaui kinerja dari VGA add-on, namun tentunya dengan harga yang harus bayar juga agak tinggi.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk motherboard PC desktop dengan VGA terintegrasi, karena sampai saat tulisan ini belum ada bukti kalau kemampuannya mampu melebihi VGA add-on.

KESIMPULAN

Beberapa mitos yang kami paparkan tersebut sedikit banyak pasti akan menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat. Namun, hal ini semata-mata kami lakukan setidaknya untuk mengedukasi Anda sebagai konsumen agar tidak mudah tergoda dengan iklan-iklan dari paraprodusen yang kadang-kadang terlalu “kejam” untuk diikuti.

Pastikan Anda benar-benar mengetahui mengenai spesifi kasi hardware yang ingin Anda beli. Ketahui juga performa, fitur, dan kekurangan yang dimilikinya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk lebih memaksimalkan kinerja dari hardware PC yang akan Anda beli nantinya.Karena menyia-nyiakan resource dari sebuah hardware PC sangatlah tidak bijak, selain juga akan menyia-nyiakaan dana yang sudah Anda keluarkan. Sebelum melakukan upgrade, pastikan juga Anda mengetahui secara mendetail apa saja spesifi kasi dari seluruh komponen PC yang Anda miliki saat ini, sebelum memutuskan membeli sesuatu hal ini yang sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda sudah mengetahui spesifikasi selengkap-lengkapnya dari PC Anda, maka keputusan meng-upgrade komponen dalam PC Anda akan sangat mudah.

Memang diperlukan usaha berlebih untuk melakukan riset Anda sendiri untuk menentukan manakah hardware yang benar-benar tepat bagi Anda. Anda harus membaca review baik di majalah, Internet, mencari forum-forum di Internet untuk mengetahui kelebihan dan kekuranagn dari hardware yang ingin Anda pinang. Namun percayalah, semua usaha Anda tersebut akan terbayar dan terpuaskan dengan hasil pencarian yang tidak sia-sia tentunya.

Jika Anda belum begitu yakin dan percaya dengan riset yang dilakukan sendiri, kami dengan senang hati akan membantu Anda. Jangan takut, untuk edisi PC Media berikutnya, kami akan membuktikan bahwa mitos-mitos yang kami paparkan pada edisi kali ini adalah benar adanya. Ditambah dengan mitos-mitos lain yang memang harus dibuktikan kenyataannya, lengkap dengan tabel tes dan pembuktian yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, Anda akan lebih percaya dan lebih pasti dalam rencana Anda membeli dan meng-upgrade hardware baru di PC desktop Anda. Tunggu di “Cover Story” berikutnya!

Satu Tanggapan to “Onboard VGA”

  1. itha said

    thx to pc media..atas informasi tentang vga onboard karna saya termasuk salahsatu korban..
    gmana caranya meng-upgrade hardwere baru di pc desktop.mohon balasannya ke email saya.thx b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: