Darkside of Oktavianus

Making virus and all of them as our friends

Bambalam PHP Compiler Membuat file PHP menjadi EXE

Posted by oktavianus pada Januari 16, 2008

by emk4 (luthfi.emka@gmail.com)

Dunia pemrograman komputer sekarang ini memang penuh sesak dengan bahasa pemrograman, dari mulai bahasa yang ngga kita mengerti (bahasa mesin) sampai ke bahasa yang familiar. Nah, diantara banyak banget bahasa itu tentunya kenal donk dengan PHP.

Bagi yang belum kenal PHP…

PHP, kalau ga salah adalah singkatan dari bahasa Hypertext Pre-Processor (kenapa ga HPP ya?). Bahasa pemrograman ini dibuat untuk desain halaman web yang dinamik. Secara etimologis (walah2 opo kuwi?) PHP mirip banget sama bahasa C.

PHP juga didukung dengan kemampuan cross-platform, so bisa dijalankan di Windustws, atawa *nix, baik di lingkungan IIS atawa Apache. Sebagai salah satu open-source yang sukses, PHP yang saat ni udah sampai ke versi ke 5, mempunyai fitur-fitur seperti:
– dukungan OOP dengan PHP Data Objectnyah.
– dukungan ekstensi spesial buat MySQL ( asal tau aja PHP boomingnya dengan LAMP : Linux, Apache, MySQL + PHP).
– dukungan buat bahasa XML.

Bagi yang udah kenal PHP…

Nah, kalian yang udah tau PHP itu apa, atawa bahkan udah jago makai bahasa ini (ketimbang bahasa daerah?) tentunya tau dong sintaks and bla bla blanya. Nah pernah ngga kepikiran membuat sebuah aplikasi/program dengan bahasa PHP itu? Lebih wah lagi kalau itu ga web-bassed tapi udah executable? Pernah ga?

Nah, kalian bisa buat executable version dari program PHP kalian itu tentunya dengan kompiler dong. Salah satu yang bisa kalian coba nih, yoiku Bambalam PHP EXE Compiler/Embedder. Proyek open-source dibawah Sourceforge ini lumayan powerful (buat muasin nafsu kalian itu….[]).

Kenalam ama Bambalam

Sekarang saatnya kenalan ama Bambalam. Bambalam ini dibuat oleh Om Anders Hammar. Kalian bisa dapetin and liat-liat situsnye di http://www.bambalam.se/bamcompile/ . Trus apaan sih bamcompile itu sebenernyah?

Gini lo, bamcompile itu kompiler PHP ke EXE lewat command prompt. Program (.exe) yang dihasilin sepenuhnyah dijamin 100% standalone and ga butuh librari atawa file lainnyah (klaim om Anders….) Selaen itu bamcompile juga bisa membuat window khusus buat aplikasi PHP kamu. (sebenernyah bamcompile ini ga seperti kompiler laen yang bisa buat native code tapi nyatanya juga bekerja…. (kooq bisa ya?)

Satoe hal lagi yang menarik nih, bamcompile udah dilengkapi dengan UPX tools (optional…). And, bamcompile hanya bisa sanggup buat program executable nyampe 500-600Kb aja. (program apa tu besar banget….?). Bambalam ini diklaim udah bersohib ama PHP 4.4.4, tapi masih PDKT ama PHP 5. Jadi bagi yang udah coba-coba PHP 5, waspadalah ! Mungkin aplikasi yang kalian buat ga berhasil di Bambalam. Oke?

Nah, kalau mo kenal lebih deket lagi (kali aja jodo…?) baca dong dokumentasinya ndiri !.

Let’s do it !

Nah sekarang saatnya beraksi. Sekarang kita coba buat program kalkulator kecil, tentunya dengan PHP. OK, siapin dulu barang-barang ini:

– Bambalam -nya, dapetin di Sourceforge atawa di situsnya di http://www.bambalam.se/bamcompile/ atawa download langsung dari http://www.geocities.com/em2ka/download/bamcompile.zip
– File embedded yang dibutuhin dari program ini, download aja semua file projectnya dari http://www.geocities.com/em2ka/download/calculate.zip ukurannya sekitar 123 KB.

# dasarnya…

Sebelum buat programnya, lebih baek tau dulu perintah-perintah yang ada di Bambalam. File project bambalam itu berekstensi *.bcp. Nah, di file projectnya itu ada perintah2 inih:

mainfilemainfile.php ‘dengan mainfile.php sbg file yang bakal digunain, namanya boleh apa aja
outfileoutfile.exe ‘outfile.exe sebagai nama program keluarannyah dong!
iconicon.ico ‘icon.ico sebagai ikon programnya, kalau pengen ada ikonnya.
Compress ‘kompres program keluarannyah dengan UPX (ngga ada juga boleh…)
donencode ‘maksudnya jangan encode file PHPnya
windowed ‘pake perintah ini biar program kamu diberi window form.
embedddirectory/file.php ’embedd-tin suatu file.php kedalam program.
embeddwhole_directory ’embedd-tin semua directory yang ada.
embedddirectory/*.* ’embedd-tin file *.* apa aja ke dalam program.
destinationdestination_path ‘tujuan kemana file dibuat, dg destination_path sebagai patnya.
extensionpath_to_extension ‘make ekstensi PHP yang dipunya, dg path_to_extension jd pathnya

nah, perintah itu ketik aja dengan teks editor (notepad….misalnya). Pada dasarnya perintah yang dibutuhin tergantung dari project kamu, mau dikompress atau tidak, di beri window atau tidak , terserah. (ha….?)

# mari membuat…

Sekarang saatnya membuatnya. Eits, ekstrak dulu bambalam.zip-nya. Terus buat folder dengan nama calculate (misalnya….) di dalam direktori bambalam berada. Nah didalam folder ini kalian naruh semua file yang dibutuhin, termasuk file projectnya.

Action….1>>>

Buat file projectnya, Source codenya kayak gini. (jangan tulis yang ijo-ijonya, itu cuma penjelasan doang…!) Tulis pake Notepad (atao apalah terserah) terus simpan dengan nama calculate.bcp.

——————copy here——————————————————
; My Project CALCUTALOR ‘komentar kamu, bisa aja namanya
mainfile calculate.php ‘tentuin file php utamanya
outfile calculate.exe ‘tentuin file outpunyah
compress ‘hasilnya ntar dikompress
windowed ‘dikasih window biar bagus
icon calculate\hal.ico ‘pake ikon juga, namanya hal.ico
embed calculate ‘masukin folder calculate diprogram
extension calculate\php_winbinder.dll ‘pake ekstension khusus, php_winbinder.dll
—————–end here——————————————————–

biar ga usah ribet nantinya, buat juga file Batchnya. Pake notepad, simpen dengan nama apa aja asal ekstensinya *.bat. Isinya kayak gini:
—————copy here———————————————————
..\..\bamcompile calculate.bcp
pause
————–end here———————————————————–

Selanjutnya ekstrak file calculate.zip yang kamu punya ke folder project kamu. Di folder calculate ini ada file PHP yang dikompilasi, berikut ikon, resource, ekstensi (*.dll) sampai file include yang dibutuhin. Sory yaa, source codenya ga bisa ditulis disini, ntar kepanjangan….:)

Action …2>>>

Sekarang kalian udah punya folder proyek, namanya calculate. Didalemnya ada folder calculate (hasil ekstrak calculate.zip) dan 2 file, calculate.bcp (file project) and file batch, berarti syarat-syaratnya udah lengkap. Tinggal compile deh. Jalanin file batch-kamu itu (double-click aja…). Beng-beng-beng….wow, muncul deh jendela DOS. Bambalam Compiler beraksi !.
bam1.gif

Tekan tombol apa aja, and JADI DEH….!!!

Coba jalanin file Calculate.exe yang ada di folder proyek kamu (calculate).

bam2.gif

Kira-kira hasil program kamu itu seperti ini,

bam3.gif

Gimana ngga kalah bagus dong ama compiler lain?
Selamet bung ! Kini kalian udah bisa buat file EXE dari PHP !.

~ buat proyek-proyek laen, source code contoh and etc. download dari si empunya, http://www.bambalam.se/bamcompile/

EOF

Happy Learning !

REF:
http://www.dotexe.wordpress.com For latest blogs
http://www.intipadi.co.nr/ For Latest Article

10 Tanggapan to “Bambalam PHP Compiler Membuat file PHP menjadi EXE”

  1. latief said

    terima kasih infonya ini yang saya tunggu2 saya selalu bermasalah ketika ingin memaket kan produk2 saya utuk di demokan.tapi yang saya bingung bambalam cara penggunaan nya kurang paham nih.tolong di perjelas lagi

  2. Ariston said

    Tau cara decode Bambalam PHP script ga? Gua coba buka aplikasi yang ada source PHP didalemnya. Trus gua ambil pake resource editor, ternyata di encrypt. Nah ada yang tau decrypt sourcenya ga?

  3. Ace said

    File calculate.zip gak bisa di download bisa minta tolong dikirimmin ke e-mail saya gak????
    Thanx…

  4. Sekitar 1 atau 2 tahun yl, saya pernah nyobain bambalam ini, tapi ternyata tak memuaskan. Lebih besar iklannya daripada hasilnya.

  5. Jack said

    gak bisa tuh,
    yg kluar cm calculate.bcp mulu..( notepad )

  6. lilis said

    saya coba aplikasi web sy dengan bambalam.
    waktu proses generate konsol benar. gak ada error dan exe pun telah dihasilkan.
    tapi pas saya klik exe itu, gak muncul apa2??
    knp yach?

  7. imamkomc said

    Wew Keren….
    Thank banget Bro…
    Moga ini bermanfaat…

    Best Regard,
    Imamkomc

  8. Jurmansyah said

    Kren boz..

    kebetulan ane lagi nyari ne compiler buat web…hoo…hoo…

    Tanks dah😀

  9. ramuni said

    aq dah coba dan hasilnya memuaskan! apalagi digabung dengan winbinder. tp sayang kok cm suport php4 ya, nunggu suport php5 kapan kelarnya ya?

  10. sigit said

    thanks… akan segera saya coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: