Darkside of Oktavianus

Making virus and all of them as our friends

Mencari ala Vista di XP

Posted by oktavianus pada November 7, 2007

Salah satu fi tur terbaik Windows Vista adalah kemampuan pencarian bernama Instant Search. Anda bisa mendapatkan kemampuan pencarian yang sama pada Windows XP atau bahkan Windows 2000, dengan menginstalasi Windows Desktop Search. Gunung Sarjono

 

1 Instalasi dan Restart

Anda bisa men-download Windows Desktop Search (WDS) dari situs Web Windows Desktop Search (http://www.microsoft.com/windows/ desktopsearch/default.mspx). File download untuk XP SP2 32-bit sekitar 4,65 MB. Jika Anda menggunakan WDS versi sebelumnya, ia akan dihapus pada waktu proses instalasi. Anda akan melihat pesan yang memberitahukan bahwa WDS telah berhasil diinstalasi dan computer sekarang perlu di-restart. Anda bisa saja tidak me-restart komputer, tetapi WDS tidak akan bisa digunakan sampai Anda melakukannya.

 

2 Atur Opsi Indeks

Setelah Anda menginstalasi WDS dan me-restart komputer, akan ada search icon pada tray Anda (dalam bentuk kaca pembesar) dan toolbar Search The Desktop pada taskbar pada taksbar Anda. Anda bisa menghilangkannya jika mau. Pada waktu mengklik tray icon, Anda akan melihat opsi Snooze Indexing (supaya pengindeksan WDS tidak memperlambat program lain), Index Now, dan Indexing Status. Pertama, kita pilih lokasi yang akan diindeks dengan mengklik Windows Desktop Search Options. Kotak dialog Indexing Options akan tampil

 

3 Pilih Drive atau Folder

Perhatikan bahwa secara default folder My Documents dan subfoldernya diindeks, tapi jika Anda telah membuat folder lain sebagai tempat penyimpanan data, Anda harus memilih mereka, atau drive di mana mereka berada, supaya diindeks. Klik tombol Modify di sini, Anda bias memilih keseluruhan drive atau Anda bisa mengekspan drive untuk memilih file tertentu saja pada drive tersebut yang akan diindeks. Klik OK. Anda akan dibawa kembali ke kotak dialog Indexing Options. Anda bisa mengonfigurasi setting indeks, tipe file, dan lokasi UNC dengan mengklik tombol Advanced.

 

4 Pilih Index Setting

Perhatikan bahwa file yang dienkripsi dengan EFS tidak diindeks, dan opsi tersebut berwarna abu-abu. Namun, Anda bisa memperlakukan kata dengan suatu tanda/simbol sebagai kata yang berbeda. Tab Index Settings juga mempunyai tombol untuk membuat ulang indeks untuk lokasi yang dipilih. Anda bisa menggunakan opsi ini jika mengalami masalah dengan pencarian di mana hasil yang didapat terlihat tidak up-to-date. Tombol Restore Defaults memungkinkan Anda untuk mengembalikan default pengindeksan jika perubahan yang dibuat menyebabkan masalah. Anda juga bisa memilih lokasi tempat indeks itu sendiri disimpan.

 

5 Pilih Tipe File

Tab kedua pada kotak dialog Advanced Options adalah File Type. Dengan mencentang (_) boks yang ada di sini Anda bisa menentukan tipe file (berdasarkan ekstension file) yang harus diindeks dan bagaimana setiap tipe file harus diindeks—yaitu, apakah WDS akan mengindeks properties file saja atau juga mengindeks isi file. Jika tipe file yang ingin Anda indeks tidak ada dalam daftar, Anda bisa memasukkannya dengan mengklik tombol Add New Extension. Perhatikan bahwa tombol akan berwarna abu-abu sampai Anda mengetikkan ekstension baru pada boks teks di sebelah kirinya.

 

6 Tentukan Path UNC

Terakhir, Anda bisa mengatur WDS supaya mengindeks file jaringan (yang bisa Anda akses) dengan memasukkan path UNC pada tab Add UNC Location. Anda harus memasukkan path dalam format Universal Naming Convention: \\servername\sharename. Namun, perlu dicatat bahwa administrator bisa menggunakan Group Policy untuk mencegah supaya share, path, atau tipe file tertentu tidak bias diindeks; ini akan menimpa setting user. Klik OK. Pada kotak dialog Indexing Options klik Close. Untuk melihat status indeks, klik icon kaca pembesar, dan kemudian klik Index Status. Klik Index Now, dan kemudian setelah selesai klik Close.

 

7 Jalankan WDS

Sekarang setelah diiinstalasi dan dikonfigurasi, kita bisa menggunakan WDS. Ketik kata atau kalimat ke dalam search toolbar dan hasilnya akan segera ditampilkan. Hasil yang didapat dibagi dalam dua ka tegori: Communications (e-mail) dan Everything (file biasa pada harddisk). Anda bisa mengklik link “more” untuk menampilkan hasil lainnya pada setiap kategori. Ini akan membuka penuh jendela Windows Desktop Search Results. Seperti yang bisa Anda lihat, ada menu bar di bagian panel bagian atas dengan opsi untuk melihat output dari All Locations, Everything, Documents, atau E-mail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: